Penjelasan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)


Hallow sobat, bagaimana kabarnya ??? Baik – baik saja kan….

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan seleksi Nasional yang berbentuk Ujian Tulis yang diadakan setiap Tahun. SBMPTN 2015 dapat diikuti oleh siswa lulusan pendidikan menengah (SMA/ MA/ SMK/ MAK) dan sederajat, termasuk Paket C dengan selisih tahun pelaksanaan terhadap lulusan yang mengikuti adalah selisih 2 tahun ( Misal SBMPTN 2015 hanya boleh diikuti oleh siswa lulusan tahun 2013, 2014 dan 2015). Soal ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yang dapat memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi, yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (saintek) dan/atau bidang sosial dan humaniora (soshum). Selain mengikuti ujian tertulis, peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.


            Untuk Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online serta pembayarannya langsung melalui bank tertentu yang telah disetujui oleh pihak panitia pelaksana SBMPTN sehingga prosesnya akan lebih mudah karena pendaftaran bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun beerdasarkan waktu yang disediakan.

Jenis Ujian
SBMPTN merupakan ujian tertulis, namun untuk beberapa jurusan seperti seni dan keolahragaan harus mengikuti ujian keterampilan. Berikut jenis ujian masing-masing :

Ujian Tulis Materinya :
a.       Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) terdiri atas Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Penalaran (TPA).
b.      Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
c.       Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Ujian Keterampilan :
  1. Ujian keterampilan diperuntukkan bagi peminat Program Studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.
  2. Ujian Keterampilan bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang Ilmu Seni terkait.
  3. Ujian Keterampilan bidang Ilmu Keolahragaan  terdiri atas pemeriksaan kesehatan,  tes kesegaran jasmani dan keterampilan dasar olahraga. 
  4. Ujian Keterampilan dapat diikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang sesuai dengan pilihan peserta.
Kelompok Ujian
Kelompok ujian SBMPTN terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu:
  1. Kelompok Ujian Saintek  dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek.
  2. Kelompok Ujian Soshum  dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum.
  3. Kelompok Ujian Campuran  dengan materi ujian  TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.
Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, Soshum, atau Campuran.

Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan
Berikut penjelasan tentang kelompok program studi dan jumlah pilihan :
  1. Program Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek  dan kelompok Soshum.
  2. Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok saintek, maka peserta mengikuti kelompok ujian saintek.
    2. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian soshum.
    3. Jika program studi yang dipilih terdiri dari kelompok saintek dan soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian campuran.
  1. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  1. Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi di PTN manapun.
  1. Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu pilihan program studi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi yang lain dapat di PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian.
  1. Daftar wilayah pendaftaran, program studi, daya tampung per PTN  bisa dilihat di website resmi SBMPTN.


Jadwal dan Pengumuman Hasil Ujian
Pelaksanaan SBMPTN biasanya dilaksanakan di awal atau pertengahan bulan Juni setiap tahunnya dan untuk pengumumannya disampaikan secara online atau melalui surat kabar tertentu kurang lebih setelah satu bulan pelaksanaan Ujian tulisnya.


Untuk Informasi resmi dan terbaru mengenai SBMPTN setiap tahunnya, dapat diakses langsung melalui laman resmi SBMPTN yaitu  http://www.sbmptn.or.id.


Demikian sedikit penjelasan tentang SBMPTN yang merupakan salah satu Jenis-jenis Masuk Perguruan Tinggi Negeri , Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Jika ada kritik dan saran atau apapun mengenai halaman ini, mohon beri komentar di form komentar di bawah ini, atau langsung kirim ke email kami.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar