Contoh Perhitungan Nilai Hasil Ujian Nasional tahun 2015 Berdasarkan Bobotnya


Hallo sobat. Mungkin sobat sudah pernah menbaca peraturan dan kriterian kelulusan UN tahun 2015 pada artikel Menentukan (aturan) Nilai atau Bobot Kelulusan Ujian Nasional (UN) tahun 2015 , kalau belum, silahkan baca dulu ya biar sobat tau dulu aturannya untuk kelulusan UN 2015.

Sebelumnya saya tuliskan singkatan-singkatan agar mudah dipahami.
RNR    : Rata-rata Nilai Raport setiap mata pelajaran
NUS    : Nilai Ujian Sekolah
NUN   : Nilai Ujian Nasional
NA      : Nilai Akhir
RNA   : Rata-rata Nilai Akhir semua Pelajaran

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 144 tahun 2014 untuk UN tahun 2015, maka NA bisa ditentukan dengan rumus :


Untuk SMP/MTS dan SMA/MA yang menerapkan SKS nilai raport yang digunakan dari semester I sampai semester V, dan untuk SMA/MA yang tidak menerapkan SKS  nilai raport yang digunakan dari semester III sampai semester V.

Siswa/siswi dikatakan lulus jika:
NA setiap pelajaran yang di-UN-kan minimal (paling rendah) 4,0 dan RNA pelajaran yang di-UN-kan  minimal (paling rendah) 5,5 . Ini artinya kedua syarat tersebut harus terpenuhi.


 Berikut contoh atau kasus untuk menghitung NA dan RNA :

Seorang siswa SMP bernama ABC, berikut nilai yang diperoleh setelah mengikuti UN:






















Menentukan NA setiap mata pelajaran : 

 




























Nilai NA setiap pelajaran dan RNA semua memenuhi nilai minimal, ini artinya si ABC lulus.

      Jika sobat adalah siswa/siswi SMA/MA, cara menghitungnya hampir sama dengan contoh di atas, hanya saja nilai semester yang digunakan disesuaikan saja (memakai sistem SKS atau tidak) dan jumlah mata pelajaran yang di-UN-kan sesuai dengan jurusannya.

Semoga bermanfaat. Terima Kasih.
 

32 komentar:

  1. kalo nilai UAN ? yang mana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallow,,, terima kasih untuk pertanyaannya.
      Nilai UANnya adalah nilai dari pelajaran yang di ujian nasionalkan saja.
      Sementara NA (nilai akhir) adalah nilai untuk menentukan kelulusannya.
      trims kunjungannya.

      Hapus
  2. Kalo nyari nun (rata rata) itu gimana ?

    BalasHapus
  3. Saya lulusan MA Negeri Thn 2008. Bantuin saya sodara2 ngitung nilai rata2 buat ngisi form jobstreet, udah gugling tetep ngga ada yang cocok, ane dah lama ngga praktek matematika, Terakhir tahun 2008 di sekolah.

    UN
    -B Indonesia= 8.40
    -B Inggris= 8.00
    -Matematika= 9.50
    -Ekonomi= 9.25
    -Sosiologi= 6.50
    -Geografi= 7.50
    Jumlah= 49.15

    UAS
    -Al Qur'an-Hadis= 9.10
    -Fiqih= 8.71
    -S Kebudayaan Islam= 9.10
    -P Kewarganegaraan= 6.11
    -B Arab= 8.40
    -Sejarah= 8.09
    -Tek Info & Komunikasi= 7.26
    -Antropologi= 8.55
    -Tata Negara= 7.80
    Jumlah= 73.02

    Praktek
    -Al Qur'an-Hadis= 7.30
    -Fiqih= 8.75
    -Bhs & Sast Indonesia= 8.00
    -B Arab= 7.60
    -B Inggris= 7.50
    -Pend Jasmani 8.00
    -Tek info & Komunikasi= 7.30
    Jumlah= 54.45

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallow Ali Farhan.
      Untuk menghitung nilai rata-ratanya, cukup dijumlahkan dibagi dengan banyak pelajaran yang dijumlahkan.

      Nilai rata-rata UN :
      $ = \frac{8.40 + 8.00 + 9.50 + 9.25 + 6.50 + 7.50}{6} = \frac{49.15}{6} = 8.19 $
      Artinya rata-rata nilai UN adalah 8.19

      Nilai rata-rata UAS
      $ = \frac{73.02}{9} = 8.11 $

      Nilai rata-rata ujian praktek
      $ = \frac{54.45}{7} = 7.78 $

      Jika ditanyakan nilai rata-rata semua pelajaran tanpa ujian praktek :
      $ = \frac{49.15 + 73.02}{15} = \frac{122.17}{15} = 8.14 $

      kira-kira seperti perhitungan untuk rata-rata menggunakan ilmu statistika.

      Catatan :
      *). Perhitungan rata-rata ini tidak menggunakan aturan kelulusan tahun 2008.
      *). Seingat saya, bukannya di SKHUN itu sudah ada keterangan nilai dan rata-ratanya, coba di cek lagi.



      Trims untuk kunjungannya.

      Hapus
    2. Di Ijazah ama SKHUN saya sama sekali tidak ada nilai rata2nya. Terima kasih banyak atas jawabannya.

      Hapus
    3. ok sama-sama. Semoga bermanfaat.!!!!

      Hapus
    4. Pak saya mau tanya kalo nilai asli yang akan di masukkan ke ijazah itu nilai hasil UN atauhasil US ujian sekolah? Masalahnya nilai un saya itu ga ada di atas 6 semua nilai empat dan lima semua. Itu gimana pak kalo gitu kan ga bisa tes kuliah dan kerja. Nilai rata2 un kalo d hitung hanya 28,0 . Tolong bantuannya pak dan saran jawabannya terimakaasih.

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Pak mohon bantuanya jumlah / hasil nem dari ijazah saya pak...


    A). UJIAN SEKOLAH


    #Pendidikan Agama :
    Nilai rata rata rapor = 8,17
    Nilai ujian sekolah = 9,00
    Nilai sekolah = 8,42

    #Pendidikan Kewarganegaraan :
    Nilai rata rata rapor = 8,23
    Nilai ujian sekolah = 8,50
    Nilai sekolah = 8,31

    #Bahasa indonesia
    Nilai rata rata rapor = 8,33
    Nilai ujian sekolah = 8,50
    Nilai sekolah = 8,38

    #Bahasa inggris :
    Nilai rata rata rapor = 8,17
    Nilai ujian sekolah = 9,60
    Nilai sekolah = 8,60

    #Matematika :
    Nilai rata rata rapor = 8,27
    Nilai ujian sekolah = 8,50
    Nilai sekolah = 8,34

    #Sejarah :
    Nilai rata rata rapor = 7,70
    Nilai ujian sekolah = 9,00
    Nilai sekolah = 8,09

    #Geografi :
    Nilai rata rata rapor = 8,47
    Nilai ujian sekolah = 9,20
    Nilai sekolah = 8,69

    #Ekonomi
    Nilai rata rata rapor = 8,40
    Nilai ujian sekolah = 8,80
    Nilai sekolah = 8,52

    #Sosiologi :
    Nilai rata rata rapor = 8,23
    Nilai ujian sekolah = 9,00
    Nilai sekolah = 8,46

    #Seni budaya :
    Nilai rata rata rapor = 8,13
    Nilai ujian sekolah = 9,00
    Nilai sekolah = 8,39

    #Pendidikan jasmani :
    Nilai rata rata rapor = 7,87
    Nilai ujian sekolah = 9,20
    Nilai sekolah = 8,27

    #Teknologi informasi dan komunikasi :
    Nilai rata rata rapor = 7,87
    Nilai ujian sekolah = 8,20
    Nilai sekolah = 7,97

    #Bahasa jepang :
    Nilai rata rata rapor = 7,87
    Nilai ujian sekolah = 9,00
    Nilai sekolah = 8,21

    #Muatan lokal :
    Nilai rata rata rapor = 8,00
    Nilai ujian sekolah = 8,00
    Nilai sekolah = 8,00


    B). UJIAN NASIONAL

    #Bahasa indonesia :
    Nilai sekolah = 8,38
    Nilai ujian nasional = 5,60
    Nilai akhir = 6,7

    #Bahasa inggris :
    Nilai sekolah = 8,60
    Nilai ujian nasional = 3,00
    Nilai akhir = 5,2

    #Matematika :
    Nilai sekolah = 8,34
    Nilai ujian nasional = 2,50
    Nilai akhir = 4,8

    #Ekonomi :
    Nilai sekolah = 8,52
    Nilai ujian nasional = 3,75
    Nilai akhir = 5,7

    #Sosiologi :
    Nilai sekolah = 8,46
    Nilai ujian nasional = 4,80
    Nilai akhir = 6,3

    #Geografi :
    Nilai sekolah = 8,69
    Nilai ujian nasional = 3,20
    Nilai akhir = 5,4


    TERIMAKASIH SEBELUMNYA PAK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallow Echa. Maaf baru balas nich.

      Untuk NEM nya, langsung saja jumlahkan nilai akhir masing-masing matapelajarannya.

      NEM SEKOLAH adalah penjumlahan dan semua nilai sekolah untuk setiap matapelajarn.

      NEM UJIAN NASIONAL adalah penjumlahan dari semua nilai akhir setiap matapelajaran yang di UN kan seperti bahasa indonesia sampai geografi.

      Selamat menghitung ya, pasti bisa.

      Hapus
    2. Apakah jika di gabungkan jumlah ujian sekolah bersama ujian nasional berapa jumlah NEM nya? Soalnya mau daftar polisi gk tau bagaimana cara menghitung Nem nya...mohon bantuanya pak

      Hapus
    3. mohon maaf ada kesalahan pada balasan saya sebelumnya dek.
      NEM = Nilai Ebtanas Murni, artinya NEM itu hanya diambil dari nilai yang diujian nasionalkan saja. NEM itu untuk istilah dulu, kalau sekarang disebut NUN.

      Kalau mau menghitung NEM, berarti Echa cukup jumlahkan saja semua nilai akhir dari matapelajaran yang di UN kan saja ya, itulah nilai NEM nya yang adik peroleh.

      Selamat menghitung nilai NEM nya. ^_^

      Hapus
  6. mohon maaf pak saya masih belum mengerti cara ngitung nem buat sma gimana
    apakah liatnya yang di ijazah atau SKHUN ?
    kalau di ijazah ada nilai rata2 rapor, nilai ujian sekolah dan nilai sekolah
    kalau di SKHU ada nilai UN siswa, rerata nilai UN kab. rerata nilai UN provinsi dan rerata nilai UN nasional

    itucara nyari nemnya gimana ya pak ?

    BalasHapus
  7. Mohon Bantuanya, saya masih bingung mencari NEM saya..Saya lulus tahun 2015 kemaren..

    UN :
    B.Indo 62.5
    B.Inggris 46.9
    Matematika 32.5
    Kejuruan 86.5

    UAS :
    Agama 79.8
    Pkn 93.5
    B. Indo 83.5
    Olahraga 78.7
    Matematika 82.5
    B. Inggris 78.8
    IPA 79.8
    Kimia 81.8
    Fisika 81.0
    IPS 80.8
    KKPI 84.9
    Kewirausahaan 78.8
    Kejuruan 86.4

    Ini berdasarkan Nilau dari SKHU saya...

    Kalo yang ini Nilai ujian praktek...
    - Agama 77.5
    - B. Indo 83.0
    - Olahraga 77.5
    - B. Inggris 77.5
    - Kimia 84.5

    BalasHapus
  8. - Fisika 80.5
    - KKPI 85.0
    - Kerra usahaan 77.5


    Mohon bantuanya... Saya masih bingung apakah nilai praktek juga di jumlah kan apa tidak dan saya juga belum mengerti berapa NEM asli saya... Makasih

    BalasHapus
  9. Maaf saya mau tanya, kan di pendaftaran polines ada kolom yg suruh ngisi nilai rata rata uan, nah nilai rata rata uan itu yang mana??

    BalasHapus
  10. Nilai UAN yang mana kak?
    Mohon pnjelasannya..
    Mksi..

    BalasHapus
  11. Tolong dong saya msh tidak mengerti cara hitungnya.
    Nilai un
    Bhs. Indo : 70.8
    Bhs. Inggris : 69.4
    Mtk : 65.0
    Kompetisi : 80.30

    BalasHapus
  12. Kak permisi ingin bertanya cara menghitung nilai sttb angkatan 2016 bagaimana ya? Mohon bantuannya. Terima kasih

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. perhitungan NA masih sama seperti kelulusan tahun 2015 ya? sy kelulusan tahun 2016, gimana cara menentukan NA nya?
    mohon bantuannya ya

    BalasHapus
  15. cara menghitung nilai sttb angkatan 2016 bagaimana ya? Mohon bantuannya. Terima kasih

    BalasHapus
  16. tolong bantu saya dong. tolong cariin nilai rata" uan gw. gw gk ngerti bgt. gw mau lamar kerja. tlong

    BalasHapus
  17. mlm maaf nih saya mau tanya kalo ijazah hilang bisa urus baru kah jika lukusan 2008,terus cara liyat nilai kita di diknas masih ada gak ya cz saya gak punya foto copy ijazah yang hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallow @Alex,

      Langkah pertama : sebaiknya hubungi pihak sekolah dulu karena biasanya pihak sekolah punya salinan arsipnya.

      Langkah kedua : langsung tanya pada pihak sekolah, apakah bisa membuat ijazah baru? atau hanya boleh menggunakan salinan ijazahnya saja dengan dilegalisir oleh sekolah sehingga tetap bisa kita gunakan untuk keperluan berikutnya.

      Seperti itu penjelasan dari saya.

      Terimakasih.

      Hapus
  18. Halo gan mau nanya nih, saya lulusan 2015, dan nilai akhir saya menggunakan angka puluhan misal,
    RNR untuk MM: 87 NUS: 88 NUN: 77
    Perhitungan NA yg saya dapatkan: 5041.575
    Mohon penjelasannya suhu.
    Bisa email saya juga muhammad.pandia@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallow @Muhammad Pandia,

      Setelah saya hitung kembali untuk NA matapelajaran matematikanya adalah 82,15.

      Artinya saudara @Muhammad Pandia terjadi kesalahan dalam penghitungan.

      Coba dihitung lagi dengan cermat ya.

      Terimakasih untuk kunjungannya ke blog dunia-informa ini.

      Hapus
  19. Ijin bertanya kak. Bagaimana Cara menghitung gabungan nilai UN dan US? Trims

    BalasHapus
  20. Haduuh pusing mas ,,gmna ini caranya mas
    Yg di ijasah cmn ada nilai rata2 sekolah doang mas
    Mau nyari ipk nya mash bingung bgt soalnya nilai praktek ga ada mas ga tercantum gmna mas saranya

    BalasHapus
  21. Hallow semuanya. Untuk pertanyaan artikel yg berkaitan dg nilai UN dan US di halaman ini, mohon maaf tidak bisa kami jawab lagi karena kami sudah tidak fokus lagi ke artikel ini. Blog dunia informa ini kami fokuskan pada pembahasan soal2 seleksi masuk PTN.

    lagi sekali mohon maaf. Dan terima kasih untuk kunjungannya ke blog dunia informa inu.

    BalasHapus
  22. Mau nanya dunk,cara perhitungan nilai uan untuk tingkat smk lulusan 2015..
    Makasih

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.