Materi Matematika SMA kelas X Peminatan Kurikulum 2013 (K-13)


Hallow sobat, bagaimana kabarnya???? Mudah-mudahan baik-baik saja!!!
            Nah berikut akan kami share mengenai  Materi Matematika SMA kelas X Peminatan Kurikulum 2013 (K-13). Sebelumnya telah kami share tengtang MateriMatematika SMA kelas X Wajib Kurikulum 2013 (K-13)   yang terdiri dari 12 bab, cukup banyak ya, !!!^_^!!!. Trusss apa bedanya dengan materi Wajib dan Peminatan??? Tentu untuk materi peminatan akan membahas materi lebih mendalam dan tentu soal-soalnya lebih menarik. Langsung saja berikut materi atau bab-nya :

No
Materi atau babnya
Deskripsi Materinya
1
Fungsi Eksponensial dan Logaritma
Mendeskripsikan dan menganalisis berbagai konsep dan prinsip fungsi eksponensial dan logaritma serta menggunakannya dalam menyelesaikan masalah
Menganalisis data sifat- sifat grafik fungsi eksponensial dan logaritma dari suatu permasalahan dan menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Menyajikan grafik fungsi eksponensial dan logaritma dalam memecahkan masalah nyata terkait pertumbuhan dan peluruhan.
Mengolah data dan menganalisis  menggunakan variabel dan menemukan relasi berupa fungsi eksponensial dan logaritma dari situasi masalah nyata serta menyelesaikannya.
2
Sisten Persamaan Linier dan Kuadrat Dua Variabel
Mendeskripsikan dan menerapkan konsep sistem persamaan linier dan kuadrat dua variabel (SPLKDV) dan memilih metode yang efektif untuk menentukan himpunan penyelesaiaanya
Menganalisis nilai diskriminan persamaan linier dan kuadrat dua variabel dan menerapkannya untuk  menentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan yang diberikan.
Memecahkan dan menyajikan hasil pemecahan masalah nyata sebagai terapan konsep dan aturan penyelesaian sistem persamaan linier dan kuadrat dua variabel.
Mengolah dan menganalisis informasi dari suatu permasalahan nyata dengan memilih variabel dan membuat model matematika berupa sistem persamaan linier dan kuadrat dua variabel dan mengiterpretasikan hasil penyelesaian sistem tersebut.         
3
Sistem Pertidaksamaan Kuadrat Dua Variabel
Mendeskripsikan konsep sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel (SPtdKDV) dan menerapkannya untuk menentukan himpunan penyelesaiannya
Menganalisis kurva pertidaksamaan kuadrat dua variabel pada sistem yang diberikan dan mengarsir daerah sebagai himpunan penyelesaiaanya.
Memecahkan masalah dengan membuat model matematika berupa sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel serta menyajikan pemecahannya dengan berbagai cara.
4
Pertidaksamaan
mutlak, pecahan, dan
irrasional
Mendeskripsikan dan menerapkan konsep pertidaksamaan dan nilai mutlak dalam menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak.
Mendeskripsikan dan menerapkan konsep pertidaksamaan pecahan, irasional, dan mutlak dalam menyelesaikan masalah matematika.
Mendeskripsikan dan menerapkan konsep dan sifat-sifat pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak dengan melakukan manipulasi aljabar dalam menyelesaikan masalah matematika.
Menganalisis daerah penyelesaian pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak.
Memecahkan masalah pertidaksamaan pecahan,irrasional dan mutlak  dalam penyelesaian masalah nyata.
5
Geometri Bidang  Datar
Mendekripsikan konsep dan aturan pada bidang datar serta menerapkannya dalam pembuktian sifat-sifat (simetris, sudut, dalil titik tengah segitiga, dalil intersep, dalil segmen garis, dll) dalam geometri bidang.
Menyajikan data terkait objek nyata dan mengajukan masalah serta mengidentifikasi sifat-sifat (kesimetrian, sudut, dalil titik tengah segitiga, dalil intersep, dalil segmen garis, dll) geometri bidang datar yang bermanfaat dalam pemecahan masalah nyata tersebut.
6
Persamaan Trigonometri
Mendeskripsikan konsep persamaan Trigonometri dan menganalisis untuk membuktikan sifat-sifat persamaan Trigonometri sederhana dan menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Mengolah dan menganalisis informasi dari suatu permasalahan nyata dengan membuat model berupa fungsi dan persamaan Trigonometri serta menggunakannya dalam menyelesaikan masalah.
Merencanakan dan melaksanakan strategi dengan melakukan manipulasi aljabar dalam persamaan Trigonometri untuk membuktikan kebenaran identitas Trigonometri serta menerapkannya dalam pemecahan masalah kontekstual.

Untuk materi peminatan hanya ada 6 bab saja, jika digabung dengan materi wajib maka akan ada 18 bab yang harus dipelajari selama kelas X. Wow banyak juga materinya. Tetap semangat belajarnya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

3 komentar: