Materi Matematika SMA kelas X Wajib Kurikulum 2013 (K-13)


Hallow sobat, bagaimana kabarnya????? Mudah-mudahan baik-baik saja !!!!!

            Berikut kami sajikan materi atau Bab pelajaran Matematika SMA kelas X Wajib yang akan dipelajari di kelas X. Sebenarnya materinya sama saja dengan materi SMA pada kurikulum KTSP, hanya saja penjelasannya lebih mendalam lagi, dan soal-soal latihannya lebih menantang lagi. Baik, langsung saja berikut materi-materi yang akan dan harus dipelajari di kelas X pada kurikulum 2013 (K-13) :

No.
Materi atau Bab
Deskripsi Materi yang dipelajari
1
Eksponen dan Logaritma
Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya.
Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa eksponen dan logaritma serta menyelesaikannya menggunakan sifat- sifat dan aturan yang telah terbukti kebenarannya.
2
Persamaan dan Pertidaksamaan nilai mutlak
Mendeskripsikan dan menganalisis konsep nilai mutlak dalam persamaan dan pertidaksamaan serta menerapkannya dalam pemecahan masalah nyata.
Menerapkan konsep nilai mutlak dalam persamaan dan pertidaksamaan linier dalam memecahkan masalah nyata.
Membuat model matematika berupa persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel yang melibatkan nilai mutlak dari situasi nyata dan matematika, serta menentukan jawab dan menganalisis model sekaligus jawabnya.
3
Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Dua Variabel, dan Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel
Mendeskripsikan konsep sistem persamaan linier dua dan tiga variable serta pertidaksamaan linier dua variabel dan mampu menerapkan berbagai strategi yang efektif dalam menentukan himpunan penyelesaiannya serta memeriksa kebenaran jawabannya dalam pemecahan masalah matematika.
Menggunakan SPLDV, SPLTV dan sistem pertidaksamaan linear dua variabel (SPtLDV) untuk menyajikan masalah kontekstual dan menjelaskan makna tiap besaran secara lisan maupun tulisan
Membuat model matematika berupa SPLDV, SPLTV, dan SPtLDV dari situasi nyata dan matematika, serta menentukan jawab dan menganalisis model sekaligus jawabnya
4
Matriks
Mendeskripsikan konsep matriks sebagai representasi numeric dalam kaitannya dengan konteks nyata.
Mendeskripsikan operasi sederhana matriks serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Menyajikan model matematika dari suatu masalah nyata yang berkitan dengan matriks.
5
Relasi dan Fungsi
Mendeskripsikan daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil suatu relasi antara dua himpunan yang disajikan dalam berbagai bentuk (grafik, himpunan pasangan terurut, atau ekspresi simbolik)
Mengidentifikasi relasi yang disajikan dalam berbagai bentuk yang merupakan fungsi.
Menerapkan daerah asal, dan daerah hasil fungsi dalam menyelesaikan masalah.
6
Barisan dan Deret
Memprediksi pola barisan dan deret aritmetika dan geometri atau barisan. lainnya melalui pengamatan dan memberikan alasannya.
Menyajikan hasil, menemukan pola barisan dan deret dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana.
7
Persamaan dan Fungsi Kuadrat
Mendeskripsikan berbagai bentuk ekspresi yang dapat diubah menjadi persamaan kuadrat.
Mendeskripsikan persamaan dan fungsi kuadrat, memilih strategi dan menerapkan untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat serta memeriksa kebenaran jawabannya.
Menganalisis fungsi dan persamaan kuadrat dalam berbagai bentuk penyajian masalah kontekstual.
Menganalisis grafik fungsi dari data terkait masalah nyata dan menentukan model matematika berupa fungsi kuadrat.
Mengidentifikasi dan menerapkan konsep fungsi dan persamaan kuadrat dalam menyelesaikan masalah nyata dan menjelaskannya secara lisan dan tulisan.
Menyusun model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat dan menyelesaikan serta memeriksa kebenaran jawabannya.
Menggambar dan membuat sketsa grafik fungsi kuadrat dari masalah nyata berdasarkan data yang ditentukan dan menafsirkan karakteristiknya.
Mengidentifikasi hubungan fungsional kuadratik dari fenomena sehari-hari dan menafsirkan makna dari setiap variabel yang digunakan.
8
Geometri
Memahami konsep jarak dan sudut antar titik, garis dan bidang melalui demonstrasi menggunakan alat peraga atau media lainnya.
Menggunakan berbagai prinsip bangun datar dan ruang serta dalam menyelesaikan masalah nyata berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan bidang.
9
Trigonometri
Memahami konsep perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku melalui penyelidikan dan diskusi tentang hubungan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian dalam beberapa segitiga siku- siku sebangun.
Menemukan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku.

Memahami dan menentukan hubungan perbandingan Trigonometri dari sudut di setiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam penyelesaian masalah nyata dan matematika
Memahami konsep fungsi Trigonometri dan menganalisis grafik fungsinya serta menentukan hubungan nilai fungsi Trigonometri dari sudut- sudut istimewa
Menerapkan perbandingan trigonometri dalam menyelesaikan masalah.
Menyajikan grafik fungsi trigonometri.
10
Limit Fungsi  Aljabar
Memahami konsep limit fungsi aljabar dengan menggunakan konteks nyata dan menerapkannya.
Merumuskan aturan dan sifat limit fungsi aljabar melalui pengamatan contoh-contoh.
Memilih strategi yang efektif dan menyajikan model matematika dalam memecahkan masalah nyata tentang limit fungsi aljabar.
11
Statistika
Mendeskripsikan berbagai penyajian data dalam bentuk tabel atau diagram/plot yang sesuai untuk mengomunikasikan informasi dari suatu kumpulan data melalui analisis perbandingan berbagai variasi penyajian data.
Mendeskripsikan berbagai penyajian data dalam bentuk tabel atau diagram/plot yang sesuai untuk mengomunikasikan informasi dari suatu kumpulan data melalui analisis perbandingan berbagai variasi penyajian data.
Mendeskripsikan berbagai penyajian data dalam bentuk tabel atau diagram/plot yang sesuai untuk mengomunikasikan informasi dari suatu kumpulan data melalui analisis perbandingan berbagai variasi penyajian data.
12
Peluang
Mendeskripsikan konsep peluang suatu kejadian menggunakan berbagai objek nyata dalam suatu percobaan menggunakan frekuensi relatif.
Menyajikan hasil penerapan konsep peluang untuk menjelaskan berbagai objek nyata melalui percobaan menggunakan frekuensi relatif.

Wah, ternyata ada 12 bab materi yang harus adik-adik kuasai untuk kelas X. Untuk materi Peminatan bisa langsung klik Materi Matematika SMA kelas X Peminatan Kurikulum 2013 (K-13). Semangat berjuang sobat.  Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar